Jumat, 28 Oktober 2011

Rsi Yadnya

1.PENGERTIAN RSI YAJNA
            Melaksanakan persembahan yang tulus ikhlas dan penuh kesucian yang dikenal dengan istilah Yajna, hal ini perlu disadari bahwa manusia pada hakikatnya adalah ciptaan Tuhan Yang Maha Esa/Ida Sang Hyang Widhi Wasa, maka sewajarnya kita wajib melaksanakan Yajna kehadapan Tuhan Yang Maha Pencipta, kehadapan para Rsi atau orang-orang suci, kehadapan sesama manusia, kehadapan para leluhur, dan juga kehadapan para makhluk bawahan yang ada di alam raya ini. Menyadari akan hal tersebut maka melalui Yajna ini telah dikodratkan oleh Tuhan ketika menciptakan manusia di dunia, hal ini ditegaskan dalam kitab suci bhagawadgita, III.10 yang berbunyi:
            “Saha Yajna prajah sristwa
            Puro waca prajepatih
            Anena prasawisya dhiwam
            Esa wo’stwista kamadhuk”
Yang artinya:
            Sesungguhnya sejak dahulu dikatakan Tuhan telah menciptakan manusia melalui Yajna dengan cara ini engkau akan berkembang, sebagaimana lembu perahan yang memerah susunya karena keinginanmu (sendiri). (Mantra,1970:51)

            Dari bait sloka bhagawadgita di atas mengingatkan kepada kita betapa pentingnya kewajiban umat untuk berYajna termasuk disini melaksanakan persembahan atau korban suci kepada orang-orang suci atau para Maha Rsi yang disebut Rsi Yajna.
            Mengingat melaksanakan persembahan yang tulus ikhlas merupakan hal yang penting dan merupakan kewajiban yang mulai baik oleh umat Hindu tanpa mengenal apakah usianya masih muda atau ta, pria atau wanita, suami atau istri, yang kaya ataupun miskin, maka disini dituntut kesadaran yang tinggi dengan penuh kebersamaan.
            “Prajanartha striyah srstah
            Samtanartham ca manawah
            Tasmat sadharano dharmah
            Srutan patnya sahaditah”
Yang artinya:
            Untuk menjadi ibu,wanita diciptakan dan untuk menjadi ayah,laki-laki diciptakan. Karena itu upacara ditetapkan dalam Weda untuk dilaksanakan oleh suami (pria) bersama dengan istri (wanita). (Puja,Tjok Rai Sudharta 2003:55).
            Dari sloka diatas, ternyata manusia adalah ciptaan Tuhan.Ia diciptakan dengan jenis kelaminnya dan masing-masing jenis kelamin menyandang peran tertentu. Dalam kebersamaan antara pria dan wanita, maka diharapkkan akan dapat menunjang, kehidupannya termasuk melaksanakan upacara keagamaan, seperti: Dewa Yajna, Rsi Yajna, dan Yajna-yajna lainnya.
            Selanjutnya dalam kitab suci Manawadharmasastra ada`ditegaskan mengenai beberapa Yajna yang dilaksanakan oleh umat Hindu sebagai berikut:
            “Rsi Yajnam dwa Yajnam
            Bhuta Yajnam a sarwada
            NrYajnam pitra Yajnam ca
            Yatha sakti na hapayet”
Yang artinya:
            Hendaknya jangan sampai lupa, jika mampu laksakanlah Rsi Yajna, Dewa Yajna, Bhuta Yajna, Manusa Yajna, dan Pitra Yajna. (Puja, Tjok Rai Sudharta 2003:55).
            Menyimak bait sloka diatas,maka pelaksanaan upacara Rsi Yajna merupakan salah satu upacara Yajna dari beberapa Yajna yang berbeda. Selanjutnya dalam kitab suci Agastya Parwa dijumpai keterangan tentang rincian Panca Yajna yang juga menguraikan hakikat dari Rsi Yajna, yang berbunyi:
“Kunang ikang Yajna lima pratekanya,lwirnya: Dewa Yajna,Rsi Yajna, Pitra Yajna, Bhuta Yajna, Manusa Yajna. Nahan tang panca Yajna ring loka. Dewa Yajna ngaranya taila pwa karma ri bhattara Siwagni, maka gelaran ring mandala ring bhattara, yeka Dewa Yajna ngaranya, Rsi Yajna ngaranya kapuja sang pandita mwang sang wruh ri kalingan ing dadi wwang ya rsi ngaranya;….”
Yang artinya:
Adapun yang disebut Panca Yajna,perinciannya,sebagai berikut: Dewa Yajna,Rsi Yajna,Pitra Yajna, Bhuta Yajna, Manusa Yajna. Demikianlah Panca Yajna di dalam masyarakat. Dewa Yajna adalah persembahan wijen kehadapan Bhatara Siwagni, yang dipersembahkan diatas altar pemujaan,itu disebut Dewa Yajna. Rsi Yajna adalah penghormatan kepada para pendeta,mengetahui hakikat hidup menjelma sebagai manusia. (Sura,dkk 2002:32)
            Di dalam kutipan sloka diatas diingatkan kepada kita seluruh umat sedharma untuk dapat melakukan suatu usaha yang bersifat positif ataupun kebaikan kepada para pendeta atau orang suci agama Hindu sesuai dengan kemampuan yang ada dan sesuai dengan keadaan masing-masing.
            Sebagaimana kita ketahui bahwa pendeta/pandita adalah rohaniawan Hindu yang tergolong Dwijati. Pendeta/pandita atau disebut juga sulinggih. Sulinggih itu mempunyai kedudukan yang khusus dalam agama Hindu yang hanya bisa didapat dengan memenuhi syarat-syarat dan melalui upacara pendiksaan (penyucian) menurut sasana dan ketentuan-ketentuan PHDI. Pada dasarnya orang yang telah di Dwijati diberikan berbagai sebutan tergantung pada ketentuan keluarga dan wangsanya. Ada yang disebut pedanda, rsi, bhagawan, bujangga, empu dan dukuh. Semua dwijati itu mempunyai kedudukan yang sama/sejajar dalam pandang agama Hindu.Keseluruhannya termasuk pendeta karena semua gelar dwijati itu baru boleh dipakai setelah melalui proses upacara diksa.
            Selanjutnya di dalam kitab suci Yajur Veda CC,25 diuraikan tentang diksa,sebagai berikut:
“Dengan melakukan brata seseorang memperoleh diksa
            Dengan melakukan, diksa seseorang memperoleh daksina,
            Dengan daksina seseorang melaksanakan sradha,
            Dan dengan sradha seseorang memperoleh satya”
            Brata adalah suatu janji diri untuk melaksanakan pantangan-pantangan keagamaan agar mendapat kesucian atau dwijati. Daksina adalah pendapatan yang suci karena didapatkan dari perbuatan suci dan terhormat. Sradha artinya keyakinan atau keikhlasan untuk mengabdi pada Sang Hyang Widhi. Satya adalah kebenaran yang tertinggi. Jadi Rsi Yajna adalah korban suci yang tulus ikhlas untuk kesejahteraan para rsi atau punia yang berjiwa suci serta mengamalkan segala ajaran rsi.
            Rsi Yajna juga sering disebut Brahma Yajna, intinya adalah Yajna yang ditujukan kepada rsi atau brahma yaitu bagi mereka yang dianggap sebagai penerima wahyu dan penggubah weda. Setiap umat Hindu berpegang kepada Weda dan memiliki pandangan hidup berdasarkan Weda. Umat Hindu menjadi manusia yang berbudaya dan berbudi pekerti yang luhur atau manusia Indonesia seutuhnya adalah juga karena Weda. Oleh karena itu,maka setiap umat Hindu memiliki hutang kepada para rsi (Rsi Rnam). Dari jasa-jasa para Rsi itulah kita wajib untuk memberikan persembahan atau penghormatan sebagai balas budi yang baik dengan selalu ingat akan kewajiban untuk melaksanakan Yajna kepada maharsi. Hal inilah yang mendorong umat Hindu untuk tetap hormat dengan melaksanakan Rsi Yajna.
            Rsi adalah orang suci yang memberikan tuntunan hidup untuk menuju kebahagiaan lahir batin baik di dunia maupun akhirat. Orang suci yang demikian, secara berkesinambungan turun ke dunia untuk memberikan tuntunan kepada umat manusia. Pemujaan dan penghormatan tidak hanya terbatas kepada para rsi yang telah lampau, tetapi dilaksnakan pula kepada yang meneruskan tugas dan ajaran beliau.

2.TUJUAN RSI YAJNA
            Segala sesuatu yang dilaksanakan berkaitan dengan persembahan yang suci dan tulus iklhas,maka sudah tentu mempunyai makna tertentu pula. Persembahan itu merupakan sesuatu yang bersifat kebaikan atau yang menyenangkan orang lain yang kita persembahkna seperti halnya kepada rsi atau orang-orang suci. Apapun wujudnya persembahan itu baik yang mempunyai nilai materi maupun yang mengandung nilai spiritual yang dilandasi dengan dharma,hal yang demikianlah yang disebut dengan Yajna.
            Adapun Rsi Rna yaitu utang berupa ilmu pengetahuan kepada para maharsi atau pandita yang senantiasa mengabdikan diri demi kesejahteraan umat dan membentuk manusia yang berkepribadian luhur,cakap,dan memiliki etika (susila).Rsi Rna dapat dibayar dengan melaksanakan Rsi Yajna yaitu suatu korban suci yang tulus ikhlas untuk kesejahteraan para rsi serta dengan mempelajari dan mengamalkan ajaran kebenaran.
            Mengingat rsi rna merupakan utang kepada para maharsi dan orang-orang suci agama Hindu yang dibayar dengan pelaksanaan rsi yajna,maka dari itu tujuan melaksanakan upacara Rsi Yajna adalah untuk membayar utang kepada maharsi atau orang-orang suci.
            Secara sederhana beberapa harapan dalam melaksanakan upacara Rsi Yajna,antara lain:
1.      Sebagai persembahan untuk mencapai kesucian lahir bathin.
2.      Untuk menyampaikan rasa bhakti dan terima kasih kehadapan para maharsi atau orang suci agama Hindu atas jasa-jasa dan pengabdian yang luhur para rsi.
3.      Untuk mengenang jasa-jasa yang luhur para rsi.
4.      Untuk menjalin rasa kebersamaan dan persatuan yang tulus antara sesama umat dengan para rsi/orang suci guna kesinambungan agama Hindu

3. PELAKSANAAN UPACARA RSI YAJNA
            Persembahan yang ditujukan kehadapan para rsi banyak dijumpai dalam kehidupan beragama bagi umat Hindu. Persembahan yang tulus ikhlas tersebut disebut Yajna. Beryajna bagi umat Hindu kehadapan para rsi dan juga orang suci pelaksanaan dapat ditempuh dengan berbagai cara,seperti:
a.       Menobatkan calon sulinggih (mediksa) menjadi orang suci agama (siulinggih)
Diksa atau mediksa adalah penyucian,yang juga dikenal dengan nama pentasbihan atau inisasi. Diksa merupakan suatu cara untuk melewati satu fase kehidupan yang baru, dari fase` yang belum sempurna kedalam fase yang sempurna.Dengan diksa itulah seseorang itu akan dapat mempelajari sifat Tuhan itu.
            Dengan telah didiksanya seseorang maka ia menjadi diksita yang berwenang untuk melakukan upacara loka pala sraya yaitu sebagai orang suci tempat memohon petunjuk-petunjuk kerohanian dan sebagai orang suci yang dimohon untuk menyelesaikan upacara agama Hindu. Secara umum gelar atau sebutan orang yang telah mediksa dan ngeloka pala sraya dikenal dengan nama Pedanda, Rsi, Mpu, Bujangga, dan Dukuh.
            Adapun syarat-syarat mediksa yaitu:
1.      Laki-laki yang sudah kawin dan yang nyukla brahmacari
2.      Wanita yang sudah kawin dan yang tidak kawin.
3.      Apabila yang sudah mempunyai pasangan suami istri yang sah.
4.      Memiliki kepribadian yang tenang dan bijaksana.
5.      Selalu berpedoman pada kitab suci Veda.
6.      Jika telah berumur 40 tahun.
7.      Paham dalam bahasa Kawi, Sansekerta, Indonesia, memiliki pengetahuan umum,dan mendalami  intisari ajaran-ajaran agama Hindu.
8.      Sehat lahir batin dan berbudi luhur sesuai dengan sesana.
9.      Berkelakuan baik,tidak pernah tersangkut perkara pidana.
10.  Mendapat tanda kesediaan dari pendeta alon nabheya yang akan menyucikan.
11.  Sebaiknya tidak terikat akan pekerjaan sebagai pegawai negeri ataupun swasta,kecuali bertugas untuk hal keagamaan.
12.  Telah melalui proses diksa-pariksa yang dinyatakan dengan surat oleh pengurus PHDI kabupaten/propinsi terdekat.

Kemudian juga diperlukan adanya calon nabhe yang akan menyucikan calon sulinggih untuk dapat menjadi sulinggih. Mengenai syarat-syarat yang diperlukan menjadi calon nabhe antara lain:
1.      Seseorang yang selalu dalam keadaan bersih dan sehat, baik lahir maupun batin.
2.      Mampu melepaskan diri dari ikatan keduniawian.
3.      Memiliki kepribadian yang tenang dan selalu bijaksana.
4.      Selalu berpedoman pada ajaran-ajaran dalam kitab suci Weda.
5.      Memiliki pemahaman dan mengerti tentang catur Weda.
6.      Mampu membaca Sruti dan Smerti.
7.      Teguh melaksanakan dharma sadhana (sering berbuat amal jasa dan kebajikan).
8.      Teguh melaksanakan tapa dan brata.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar